Jenis Printer Berdasarkan Fungsi

Share:

Printer

Merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen ke media kertas. Printer yang ada di Indonesia saat ini juga beragam dan banyak macamnya. Pada postingan kali ini, saya akan membahas mengenai beberapa printer yang ada di pasaran dan menjadi salah satu primadona yang ada saat ini. 
Merk dan vendor printer juga beragam, masing - masing memiliki ciri khas dan kelebihan masing - masing. Beberapa jenis printer memiliki harga sesuai dengan kualitas dan performa masing - masing. Berikut dua tipe printer berdasarkan fungsi nya.
  • Printer Fungsi Tunggal
Yaitu printer yang hanya bisa digunakan untuk mencetak dokumen, baik itu melalui kabel USB, LPT paralel, ataupun melalui Wifi. Fungsi printer disini hanya untuk mencetak dan tidak dapat digunakan untuk pekerjaan lainnya. Contoh printer ini antara lain :
canon ip 2770
Canon Ip 2770

epson l310
Epson L310

  • Printer Dwi Fungsi atau Multifungsi
Saat ini sudah banyak beredar printer untuk banyak keperluan. Biasanya printer ini dipakai oleh perusahaan atau kantor untuk keperluan bisnis. Selain berfungsi untuk print dokumen, printer multifungsi ini juga dapat dipakai untuk fotocopy dan Fax (pada beberapa merk). Biasanya printer jenis ini dilengkapi dengan scanner sebagai pelengkap printer yang juga dapat langsung dikirim menggunakan fungsi fax. Untuk harga, printer ini juga lebih mahal dibandingkan dengan printer fungsi tunggal.
epson l360
Epson L360
canon Mp 287
Canon MP 287

itulah beberapa printer berdasarkan fungsinya. Semoga bermanfaat.

No comments

Mohon untuk berkomentar yang baik dan bijak