Pengertian Debug dan Penjelasannya

Share:
Bug merupakan bahasa yang Inggris yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia yang berarti serangga. Dimana istilah ini dipakai apabila ada kesalahan dalam aplikasi yang kita pakai yang menyebabkan aplikasi tidak berjalan sebagaimana semestinya. Istilah Bug ini lebih sering dipakai dalam software bukan hardware.

Debugging

Debugging merupakan metode yang dilakukan developer atau pemrogram aplikasi dalam mencari dan mengurangi kesalahan dalam suatu aplikasi. Melakukan kegiatan debugging akan menjadi lebih rumit apabila aplikasi yang dikembangkan tersebut memiliki keterkaitan antara hardware dan software yang banyak.
Debugging bukan merupakan suatu pengujian, akan tetapi merupakan bagian akibat proses pengujian. Prosesnya dimulai dengan eksekusi awal dari aplikasi kemudian dinilai hasil dan pencapaian terhadap aplikasi tersebut dan ditemukanlah kekurangan antara target dan hasil akhir aplikasi. Hasil akhir dari proses ini biasanya hanya memiliki salah satu dari dua tujuan debugging itu sendiri yaitu :

  1. Penyebab akan ditemukan, dikoreksi dan dihilangkan
  2. Penyebab tidak ditemukan

Metode Pendekatan Debugging

Secara umum, metode pendekatan debugging yaitu :
  • Gaya Kasar (Brutal Force)
Gaya ini merupakan yang paling umum dan efisien untuk memisahkan antara penyebab kesalahan perangkat dengan aplikasi. Metode ini diterapkan apabila semua cara yang lain telah gagal dilakukan.
  • Penelusuran Balik (Backtracking)
Biasanya dilakukan pada aplikasi kecil yang sangat mudah untuk dilacak kesalahannya.  Data yang berhubungan dengan aplikasi lebih mudah untuk dilacak dan dicari kesalahannya karena aplikasi kecil biasanya tidak membutuhkan source hardware yang banyak.
  • Eliminasi Masalah 
Mengumpulkan data yang saling berkaitan diperlukan untuk mencari dimana letak kesalahan dari aplikasi yang dibuat. Membuat hipotesis dari data yang berhasil dikumpulkan. Selanjtnya melakukan pengujian berdasarkan hasil dari hipotesis yang telah dibuat. Jika hasil pengujian berhasil, maka data itu difilter dan dimasukkan sebagai salah satu metode dalam mengisolasi bug.

Masing - masing dari pendekatan debugging tersebut dapat ditambah dengan piranti debugging. Kita dapat mengaplikasikan berbagai compiler debugging yang luas, dinamis (tracer), generator test case, ruang sisa memory. 

3 comments:

  1. hasil akhir nya ada...ta[i conoth programnya apa kak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya contoh program apa ya? aplikasi yang di debuging disini tentunya aplikais buatan developer itu sendiri, misalnya jika ada ketidakcocokan antara program yang mereka bikin dengan kebutuhan hardware pengguna, disitulah debugging itu. Bisa dikatakan debugging itu lebih kepada melihat ulang script program yang mereka bikin. Contoh scriptnya tentu saya tidak punya,,.. Terima kasih sudah komentar..

      Delete

Mohon untuk berkomentar yang baik dan bijak