Berkenalan Dengan SSD, Media Penyimpanan Paling Tipis

Share:

SSD (Solid State Disk)


Apa itu SSD? SSD adalah salah satu perangkat penyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC yang berfungsi sebagai memori atau tempat penyimpanan data. SSD itu sangat mirip dengan USB Disk (secara rangkaian elektronika). Jadi SSD itu sendiri bisa dikatakan sebagai versi mutakhir dari USB Disk dengan kapasitas yang lebih besar.

SSD VS HDD

Hard Disk Drive yang biasa kita kenal dalam PC ataupun Laptop menggunakan motor untuk menggerakkan piringan (plat) HDD sehingga HDD bisa mendeteksi lokasi dan alamat data dalam virtual memorinya. Sedangkan SSD tidak menggunakan motor dan piringan layaknya HDD, sehingga dapat dikatakan bahwa SSD bisa tahan terhadap goncangan dan tanpa komponen mekanis.

mekanis HDD
Gambar diatas merupakan salah satu gambaran dan struktur dari HDD, dimana terdapat base plat, spindel motor, dan rangkaian lainnya yang sangat rentan terhadap goncangan dan goyangan dari luar.
Jika kita lihat dari bentuk SSD, kita bisa melihat perbedaan yaitu pada SSD tidak terdapat komponen mekanis yang berputar.

komponen SSD
Bisa kita lihat pada gambar diatas, jelas terlihat bahwa SSD sama sekali tidak menggunakan rangkaian mekanis dan semuanya murni menggunakan IC sebagai penyimpan data.

Jika kita melihat perbedaan dari tabel dibawah, kita bisa menarik kesimpulan :
1. SSD lebih hemat daya, sehingga baik digunakan untuk laptop atau netbook
2. SSD bekerja lebih cepat, jika dilihat dari waktu booting yang sampai 30% lebih cepat dari HDD.
3. SSD lebih ramping dan tipis dari segi arsitektur nya.
4. SSD lebih tahan terhadap medan magnetik karena SSD tidak menggunakan kumparan atau rotor yang sangat rentan terhadap radiasi dari medan elektromagnetik.
5. SSD lebih cepat dalam proses Read dan Write data, sehingga SSD lebih baik digunakan sebagai media penyimpanan pada PC atau Laptop standar.
6. Karena SSD tidak menggunakan komponen mekanis, maka SSD lebih nyaman digunakan dan tidak berisik.

Tabel SSD vs HDD

Setelah melihat ulasan mengenai SSD, mungkin SSD saat ini akan mulai banyak digunakan, mengingat kecepatan dan dimensinya.

No comments

Mohon untuk berkomentar yang baik dan bijak